10 Ujian Paling Berat untuk Dunia Internet

16 March 2010 at 9:05 am (umum) (, , )


1. Morris Worm

Pada malam menjelang 3 november 1988, program worm dibuat oleh Robbert Tappan Morris, seorang mahasiswa Informatika Universitas Bolton, melumpuhkan cikal bakal internet, Yaitu Arpanet.

2. 3,2,1, none!!

Pada juni 1999, server website eBay offline selama 22 jam. Banyak transaksi lelang yang berakhir tanpa ditutup. Kondisi ini disebabkan oleh arsitektur sistem yang tidak fleksibel.

3. “I LOVE YOU”

Pada 4 mei 2000, sebuah surat cinta menyebar dengan sangat cepat melalui World Wide Web. Namun, file teks yang terlihat tidak berbahaya sebagai attachment e-mail ini ternyata sebuah virus ganas yang gemar menghapus file.

4. Kematian king of pop

Pada 25 juni 2009 lalu, michael Jackson menutup usia di Los Angeles. Ungkapan kesedihan dari para penggemarnya membuat website-website berita da AS menjadi tak berdaya. Bahkan akses ke Google news, twitter dan wikipedia sempat lumpuh. Sebelumnya, rush internet yang lebih besar juga terjadi pada saat kemenangan Presiden AS, Barrack Obama pada tanggal 4 November 2008. Namun belum ada bukti yang mendukungnya.

5. Adios amigos

30 agustus 2006, Spanyol menghilang dari peta internet selama dua jam. Sekitar 400.000 domain yang berakhiran dengan “.es” tidak dapat diakses. Penyebabnya, server yang dikelola oleh badan pemerintah Network Information Center (ESNIC) hang setelah melakukan update rutin Internet Address.

6. Google Log Out

Pada 14 mei 2009, Google beserta semua layanan web-nya (Mail, AdSense, dan Analytics) tidak dapat diakses selama 2 jam lantaran terjadi masalah routing. Akibatnya, seluruh world wide web ikut lumpuh.

7. 11 september 2001

Bila ingin mengetahui seputar serangan teroris AS, semuanya dapat dicari melalui internet. Beberapa website berita-pun ikut mati bersamaan dengan runtuhnya menara kembar di New York tersebut.meski di sekitar Twin Tower yang hancur terdapat hub Internet Manhattan, hub lalu lintas data dunia ini sama sekali tidak tersentuh.

8. Gempa Bumi Lautan Hindia

Pagi 26 september 2004, sebuah gempa bumi hebat di dasar laut memicu bencana tsunami di Aceh, pesisir Asia Selatan, dan Afrika Timur. Bersamaan dengan itu, internet lumpuh karena gempa skala terbesar ke-3 tersebut juga merusak kabel-kabel bawah laut.

9. Ready For Scrap setelah beberapa detik

Pada 30 Maret 2009, hanya beberapa saat setelah aktif, website milik Federal Office of Economics and Export Control (BAFA) Jerman lumpuh lantaran minat terhadap program “Car Scrap Bonus” untuk mobil tua terlalu tinggi.

10. Hebemus Catasthrope !

Ora et Labora—berdoa dan bekerja, motto inilah yang masih diyakini oleh para ahli IT dari Vatikan pada 18 April 2005. Tepat dimulainya pemilihan paus di Roma, website kerajaan suci ini lumpuh lantaran membludaknya minat dunia pada conclave tersebut.

Sumber : Majalah Chip Edisi 11/2009 (gambar dari google).

Bookmark and Share

shareSocial Bookmarking

1 Comment

  1. benih said,

    huaaa … dunia internet ternyata pernah mengalami goncangan hebat tah … misalkan google ambruk, searching informasi jadi susah deh … kalo yg sekarang kan gi musimnya facebook, gimana ya kalo facebook jatuh … hehehe .. ( misal loh .. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: